Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

√ SPEED INTERNET WINDOWS 10: Cara menampilkan Kecepatan Internet di Taskbar

Aplikasi Internet Speed Meter untuk Windows 10 dan cara menampilkannya- Bro... kita kan tahu banyak orang menggunakan Wifi dengan unlimited internet (meski ada yang FUP sih), dilain sisi justru banyak loh orang menggunakan Smartphone buat Tethering hotspot yang tentu boros kuota.


Kalau menggunakan Wifi relatif stabil beda halnya jika menggunakan Data Seluler Ponsel, bisa saja tiba-tiba sinyal hilang tanpa sebab, lalu lemot, dan tidak tidak bisa digunakan meski sinyal menunjukan bar penuh.

Nah, pada OS terutama Windows 10, ia sangatlah powerful hingga diminati banyak orang dipenjuru dunia. Makanya keamanan, keandalan serta tampilan yang menawan terus-menerus mendapatkan update terbaru.

Masalah

Inilah yang ditakutkan oleh orang-orang ketika memakai Tethering Hotspot yaitu kuota tiba-tiba habis. Ya bisa terjadi jika memang Windows 10 melakukan Update Secara otomatis tanpa kita ketahui sehingga kuota langsung ludes. Bagaimana lagi, ukuran update Windows biasanya cukup besar bisa ratusan MB bahkan bisa beberapa GB.

Harus instal Tool Speed Monitor untuk PC?

Kalau di Smartphone Android sih biasanya menggunakan Internet Speed Meter lalu apakah ada Internet speed meter untuk PC? Tenang, ada tool serupa yang dapat kita gunakan untuk memonitor kecepatan internet untuk Download dan Upload seperti itu.

Banyak sebenarnya tool lain untuk memonitor kecepatan internet untuk PC semacam ini, tapi Tool yang akan saya berikan ditutorial ini sifatnya gratis dan berukuran 3 MB saja, wow kecil sekali bukan untuk ukuran program PC?.

Internet Speed Meter untuk Laptop/PC

Jika menggunakan Internet Speed Meter Android keterangan speed itu muncul pada bagian atas layar, maka di Laptop/PC Windows 10 akan muncul di Taskbar sesuai yang kita inginkan.

Baiklah tool yang akan kita pakai kali ini adalah NetSpeedMonitor, aplikasi ini sebenarnya sudah sangat lama ada. Maka simak baik-baik tutorial ini supaya dapat terinstal dengan benar.

Download NetSpeedMonitor 3 MB saja

Langkah-langkah Instal dan Menampilkan Kecepatan Internet di Taskbar Windows 10

Langkah 1: Download file diatas dengan pilih 32-bit (x86) atau 64-bit (x64) lalu Run.

Langkah 2: Akan muncul peringatan bahwa OS tidak mendukung jika diinstal pada Windows 8 dan 10.

Langkah 3: Maka klik Kanan filenya lalu Properties lalu Compatibility dan centang Run this program in compability mode for terakhir OK.

Langkah 4: Sekarang Instal seperti biasa dengan Next terus, setelah instal selesai tampilan tidak akan langsung muncul.

Langkah 5: Klik kanan taskbar, pilih Toolbars dan Klik NetSpeedMonitor, selesai.

Kenapa NetSpeedMonitor 0kb terus? Apa tidak berjalan?

Ini disebabkan Network Adaptor yang kita monitor berbeda, maka cukup:
  1. Klik kanan pada Toolbar NetSpeedMonitor.
  2. Pilih Configuration, silahkan coba satu-persatu (kalau di saya Qualcomm Atheros...).
  3. OK.

Ubah kbit/s menjadi kB/s

Secara default NetSpeedMonitor memakai keterangan kbit/s ini bukan speed sebenarnya karena masih dalam bit yang harus dibagi 8. Nah untuk mengubah sesuai dengan speed sebenarnya maka cukup:
  1. Klik kanan pada Toolbar NetSpeedMonitor.
  2. Pilih Configuration, ubah kbit/s menjadi kB/s.
  3. OK.

Mengubah Font menjadi Bold/Tebal

Secara default font yang terpakai Segoe UI ukuran 8 biasa, untuk mengubahnya caranya:
  1. Klik kanan pada Toolbar NetSpeedMonitor.
  2. Pilih Configuration, masuk Tab Menu Layout.
  3. Centang Bold dan OK.

Penutup

Sekian artikel tutorial bagaimana menampilkan Internet Speed Meter di Windows 10 pada bagian Taskbarnya semoga dapat membantu memantau dan memonitor laju data internet yang sedang dipakai. Terimakasih.

Posting Komentar untuk "√ SPEED INTERNET WINDOWS 10: Cara menampilkan Kecepatan Internet di Taskbar"