✔ HP PANAS: 20 Cara Terbaik Mendinginkan HP Android yang terlalu Panas 2023

Bermain game untuk mengisi waktu luang memakai ponsel setelah menyelesaikan banyak tugas atau pekerjaan itu pilihan yang tepat. Tetapi saking asyiknya kadang kita tidak peduli terhadap persentase baterai dan suhu gadget yang sedang kita mainkan.


HP terlalu panas dapat memicu banyak sekali masalah jika kadar panas sudah terlalu tinggi (Overheat). Ponsel Overheat ini bermacam-macam loh faktornya.

Faktor ponsel overheat diantaranya: Suhu sekitar, Chipset yang digunakan, Bermain sambil di cas, Banyak aplikasi berjalan dilatar belakang.

Ponsel yang tidak dipakai sampai overheat nyatanya bisa bikin awet komponen-komponen hardware contohnya Baterai dan LCD. Berikut adalah tujuh + 13 tips cara mendinginkan suhu segala jenis Smartphone khususnya Android demi menjaga kesehatannya.

$ads={2}

Copot Casing

Memang sih fungsi utama dari casing itu menjaga ponsel tetap aman saat terjatuh, tapi ada sisi buruk yang patut diperhatikan yaitu bikin body awet panas. Rata-rata casing dibuat sangat pas terhadap body ponsel sehingga tidak ada sirkulasi udara yang bisa keluar akibatnya panas terus tertahan. Untuk itu lepaskan casing sesaat dan taruh ditempat sejuk.

Matikan HP

Mematikan sesaat adalah salah satu pilihan yang tepat karena hardware akan dipaksa beristirahat tanpa ada proses yang berjalan hingga HP akan mudah dingin. Jika sudah dirasa cukup dingin silahkan pakai lagi.

Taruh di Lantai

Cara yang satu ini bisa dibilang cara sering disarankan para netizen. Mereka mengatakan jika ponsel ditaruh di lantai (Ubin) jauh lebih cepat dingin daripada mematikannya saja. Memang benar, saya juga sudah mencobanya, layar diposisikan menghadap lantai atau bagian belakang HP jika permukaan datar.

Tunggu 3-5 menit secara ajaib ponsel akan sedingin lantai yang kalian pijak. Awas, bersihkan dulu bagian lantai supaya permukaan rata tidak ada debu yang dapat menggores layar dan body belakang.

Tutup semua aplikasi di Recent Apps atau Background

Ya kalo yang ini kita semua tahu semakin banyak aplikasi yang berjalan tentunya semakin berat sistem menanganinya akibatnya pasti panas berlebih. Tutup semua aplikasi yang berjalan, jangan cuma di minimise.

Hapus Aplikasi yang tidak dipakai

Meski tak pernah dibuka kebanyakan aplikasi bisa berjalan dilatar belakang agar tetap dalam keadaan mutakhirnya. Jadi jika sewaktu-waktu dibuka konten yang ada di dalamnya sudah siap dipakai tanpa adanya loading. Makanya lebih baik aplikasi yang sudah usang tidak pernah dipakai lebih baik memang dihapus saja.

Update OS

Update OS atau Perangkat Lunak biasanya membawa fitur baru serta memperbaiki bugs yang ditemukan. Salah satu yang sering ditekankan pada suatu update ialah isu tentang panas berlebih hingga perlu adanya Update Sistem supaya tidak ada bagian sistem yang mengakibatkan panas.

Kombinasi Paling Efektif (Copot casing + Matikan Ponsel + Taruh di lantai)

Yang ini adalah cara paling mantap yang dapat saya sarankan pada artikel ini, ialah dengan melepas casing kemudian HP dimatikan dan Taruh di lantai baik Layar ataupun body belakang menghadap ke Lantai (Ubin). Ingat cara ini sangat aman tapi juga hati-hati jangan sampai lupa lalu malah terinjak, kan kacau.

Tips-tips lain ekorkode untuk urusan HP supaya tetap adem

  1. Jangan Bermain sambil di charge.
  2. Aktifkan mode pesawat sampai HP dingin.
  3. Main game secukupnya.
  4. Jangan sampai baterai dibawah 10%.
  5. Atur kecerahan layar jadi agak redup.
  6. Jangan dipakai saat di Charge.
  7. Hapus file-file cache yang memberatkan sistem.
  8. Jangan meletakan HP di kasur atau sofa saat Charging.
  9. Aktifkan mode Hemat Baterai.
  10. Jangan menggunakan HP di luar ruangan yang terpapar langsung sinar matahari.
  11. Gunakan Charger Original atau Bawaan.
  12. Matikan Tethering, Bluetooth, GPS, dan Data seluler saat tidak dipakai.
  13. Atur waktu habis layar/layar mati menjadi 30 detik - 2 menit saja.

Kesimpulan
Semakin baik kita merawatnya maka semakin awet pula HP yang kita pakai. Jika sudah membaca artikel yang saya jabarkan sangat rinci diatas setidaknya kalian sudah tahu bermacam-macam cara efektif untuk mendinginkan HP lengkap dengan belasan tips-tipsnya.
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama