√ Realme Oppo - Cara Mengetahui Aplikasi Penyedot Kuota 2023

Pada pembahasan kali ini saya akan berikan cara untuk Mengetahui Aplikasi Penyedot Kuota untuk HP Realme dan Oppo. Dengan artikel ini diharapkan dapat mengontrol agar kuota tidak cepat habis karena tersedot.

Cek Aplikasi Penyedot Kuota Realme Oppo

Penggunaan data internet dari tahun ke tahun semakin tinggi karena perkembangan informasi yang lebih luas seperti streaming video misalnya. Kuota data internet saat ini seakan-akan sudah menjadi kebutuhan pokok seperti sandang pangan. 

Penggunaan kuota yang tak terkendali tanpa tahu berapa yang sudah digunakan, apakah cukup sampai jangka waktu tertentu sebelum membeli lagi? hal ini menimbulkan perilaku pemborosan.

Perilaku boros kuota ini terjadi akibat aktivitas sobat menggunakan aplikasi, mengunduh atau tethering yang dilakukan tanpa menghiraukan sudah menghabiskan berapa MB atau bahkan GB saat itu.

Masalah

Namun ada kasus di mana sobat sebenarnya tidak melakukan aktivitas yang memboroskan kuota, tapi penggunaan data tinggi. Biasanya ini terjadi karena ada aplikasi yang menyebabkan pemborosan kuota berjalan di Background / Latar Belakang, jadi tanpa sepengetahuan sobat kuota terkuras dan bandwidth tinggi.

Cara Mengetahui Aplikasi Penyedot Kuota yang Paling Boros Kuota Realme dan Oppo

$ads={2}

Ponsel Oppo dan Realme pada dasarnya sama saja karena sama-sama pada Brand Oppo. Yang membedakan ialah segi UI-nya Oppo menggunakan ColorOS, sedangkan Realme menggunakan Realme UI, itupun basenya tetap dari ColorOS.

Langkah-langkah di bawah ini untuk mengetahui aplikasi apa saja yang penggunaan datanya tinggi dari rentang waktu hari ini, kemarin dan seterusnya, baik berjalan sesuai aktivitas sobat ataupun berjalan pada latar belakang tanpa sobat ketahui. Berikut langkah-langkahnya:


1. Buka Pengaturan.


2. Pilih Kartu SIM & Data Seluler.


3. Lalu masuk ke Penggunaan Data.



4. Pilih Batas Data Seluler.


5. Kemudian sobat atur Tanggal Awal Statistik Data menjadi Hari ini saat kuota kalian tersedot banyak.



6. Klik tombol Back dan pilih Pemakaian Data Seluler, disana terlihat aplikasi terbaru yang memakan kuota paling boros.


Pemakaian ini bergantung dengan apa yang sobat lakukan, tapi terkadang ada aplikasi yang secara paksa menyedot kuota dengan cara berjalan di Latar belakang tanpa sobat ketahui.

Jika sudah Menemukan Aplikasi yang Boros kuota, apa yang dilakukan?


Sebagai contoh gambar terakhir diatas, aplikasi APP Market tanpa saya sadari ternyata sudah menyedot 899 MB untuk memperbarui semua aplikasi.

Nah untuk mencegah hal ini terulang lagi, sobat cukup Uninstal aplikasi jika tidak penting atau Hapus data saja jika itu aplikasi bawaan.

Penutup

Sekian tutorial singkat mengenai cara mengetahui aplikasi penyedot kuota ini semoga berguna bagi kalian pengguna Oppo dan Realme. Terimakasih.
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama