✔ CLOUD COMPUTING: Apakah Cloud Computing akan Mengubah Dunia IT masa depan? 2023

Tak ada seorang pun yang menyangkal fakta bahwa teknologi telah membawa perubahan secara signifikan di era ini. Dengan sangat pesatnya kemajuan, banyak sekali organisasi yang mulai menggunakan Cloud sebagai tempat dimana suatu proses komputer dilakukan.


Cloud Computing merupakan suatu bidang baru yang tiap tahunnya terus berkembang.

Pengertian Cloud Computing

$ads={2}

Komputasi awan (cloud computing) adalah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat pengelolaan data dan aplikasi, di mana pengguna komputer diberikan hak akses (login). Penerapan komputasi awan saat ini sudah dilakukan oleh sejumlah perusahaan IT terkemuka di dunia.

Apasih yang membuat Cloud Computing sangat berbeda dari traditional computing dan jaringan?. Cloud Computing memberikan layanan dan solusi komputer yang berjalan secara cepat dan berkualitas tinggi baik dalam segi penyimpanan, basis data, perangkat lunak, server, dan berbagai resource lainnya.

Singkatnya, mengakses internet untuk resource yang lebih baik dan inovasi cepat akan memberikan keunggulan Cloud Computing (Komputasi Awan) diatas yang lain.

Dunia teknologi yang berkembang pesat dan internet telah menjadi bidang yang harus anda perhatikan.


Keuntungan Cloud Computing


Menurunkan Biaya Operasi
Alasan utama bagi dunia pemasaran dan bisnis yang beralih ke cloud computing adalah flexibility (fleksibilitas), scalability (skalabilitas), dan agility (ketangkasan). Dalam Cloud Computing, seorang hanya membayar untuk layanan yang digunakan, yang pada akhirnya menurunkan biaya operasional organisasi.

Hal ini tentu memungkinkan kita untuk menghemat sumber daya dan mengelola biaya, karena tidak ada tim IT yang harus mencapai tujuan tegas dan memelihara pusat data.

Keamanan Data
Untuk suatu organisasi apapun, serangan peretas dan pelanggaran penggunaan data akan menjadi masalah yang sangat serius dalam urusan hukum di Indonesia. Namun, dengan menggunakan Cloud Computing ancaman tersebut dapat diminimalkan karena cloud server dilengkapi dengan mekanisme keamanan yang sangat canggih untuk mengamankan data melalui otentikasi, kontrol akses dan enkripsi data.

Memberikan Fleksibilitas
Berdasarkan ukuran dan jenis bisnis yang berjalan, perusahaan yang berbeda tentu memiliki kebutuhan IT yang berbeda pula. Mereka dapat dengan cepat meningkatkan atau menurunkan cakupan Komputasi sesuai kebutuhan saat menggunakan Cloud.

Server jarak jauh sangat mendukung pelaksanaan perusahan karena dapat merespon secara efektif terhadap kondisi berkembang tanpa gangguan.

Diatas yang lainnya
Perusahaan yang menikmati semua keuntungan dari menggunakan Cloud Computing akan memiliki keunggulan yang sangat kompetitif dibandingkan para pemain di pasar yang tidak menggunakan Cloud Komputing.

Suatu perusahaan kemungkinan akan mencapai peningkatan kinerja dengan efisiensi yang lebih besar, penggunaan sumber daya yang lebih baik dan perlindungan data yang lebih tinggi.

Dengan mempelajari Cloud Komputing kita memiliki keahlian yang dipandang suatu perusahaan merupakan skill yang tinggi. 
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama