√ Keyboard USB Eksternal dan Mouse error setelah Instal ScpToolkit 2023

Bermain game adalah kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan ketika ada waktu luang. Memainkan game PC menggunakan Keyboard dan Mouse ataupun menggunakan Stik akan jauh lebih menyenangkan ketimbang menggunakan Smartphone.

keyboard error

Ya memang bagi beberapa orang  bermain game menggunakan perangkat mobile Android atau iOS juga menyenangkan karena memang sedang trend 5 tahun belakangan. Namun cita rasa bermain game menggunakan pc tidak akan dikalahkan oleh perangkat apapun, karena tiap perangkat berbeda-beda Feel-nya.

Memainkan game PC ber Sistem Operasi Windows sebenarnya hanya bisa menggunakan Controller Xbox, karena windows dan xbox sama-sama resmi buatan Microsoft. Nah sebagai inisiatif biasanya orang-orang menggunakan controller dari Console PlayStation.

Ada 2 Jenis Controller dari Playstation yang bisa digunakan dengan baik menggunakan PC yaitu Dualshock 3 dan Dualshock 4 perbedaannya kalau yg DS3 itu untuk PS3 dan DS4 untuk PS4.

Secara khusus DS3 dan DS4 tidak bisa disambungkan secara langsung ke PC/Laptop, karena Windows hanya menerima inputan dari Controller Xbox. Maka dari itu kita harus menggunakan sebuah tool supaya Stik PS dapat digunakan di Windows, yaitu menyamarkkan input Stik PS menjadi Stik Xbox menggunakan SCPToolkit.

Apa itu SCPToolkit?
ScpToolkit adalah sebuah tool ringan yang mudah digunakan untuk menyamarkan input Stik PS (DS3 atauDS4) menjadi seolah-olah dia itu inputan Stik Xbox. Stik bisa disambungkan menggunakan mode USB dan Bluetooth walau stik yang digunakan KW sekalipun bukan stik Original (Ori Mesin).

SCPToolkit bisa dijalankan pada OS Windows 7, 8, dan 10. Setelah menginstall program ini kita harus mengatur terlebih dahulu drivernya (sekali saja), dan untuk selanjutnya stik akan otomatis tersambung karena sudah pernah ter-pair untuk mode bluetooth.

Masalah Keyboard, Mouse, Harddisk, SSD Tidak Berfungsi / Error Akibat Install SCPToolkit
Masalah keyboard dan Mouse error pada dasarnya kesalahan kita sendiri tidak mengikuti intruksi tutorial yang tepat. Penginstalan yang tidak benar ketika pemilihan driver di ScpToolkit Driver Installer adalah penyebabnya. Error ini berdampak terhadap sistem windows kita terutama driver input.

Apakah kalian melakukan semua checklist pada Driver Installer ScpToolkit? yap, itu masalahnya, scp melakukan overwrite terhadap inputan yang ada sehingga semua input malah disamarkan menjadi sebuah input controller makanya ketika keyboard dan mouse atau usb lainya disambungkan ke Laptop/PC terbaca tapi tidak berfungsi / tidak bisa digunakan.

Cara Mengatasi Keyboard, Mouse, SSD, Harddisk Error Setelah Instal ScpToolkit

$ads={2}

Dengan mengikuti langkah-langkah yang akan saya berikan kita akan melakukan uninstall manual terhadap Driver dari Toolkit yang menyebabkan error.

#Kalau dengan Langkah 1 atau 2 sudah bisa tak perlu lanjut ke langkah selanjutnya.

1. Hentikan dan Hapus Layanan
  • Tekan Win + R.
  • Ketik services.msc dan Enter.
  • Cari SCP DSx Srvice, dan Hentikan. (Kalau tidak ada, lanjut langkah selanjutnya).
  • Buka CMD dan Ketik sc delete Ds3Service. (Opsional).
  • Restart Laptop/PCnya.
2. Hapus Device Driver
  • Pastikan semua perangkat yang digunakan di Toolkit terhubung.
  • Buka Device Manager (Win+R ketik devmgmt.msc).
  • Cari  libusbK USB Device.
  • Uninstall setiap device didalam libusbK USB Device.
  • Saat Uninstall, jika ada checkbox Delete the driver software for this device maka centang.
  • Lakukan berulang-ulang kalau keyboard dan mouse tidak bisa digunakan dan didalam  libusbK USB Device  muncul device lagi.
  • Restart Laptop/PCnya.
3. Hapus Virtual Bus Driver
  • Dalam Device Manager pilih System device
  • Cari Scp Virtual Bus Driver didalamnya.
  • Klik kanan pada Scp Virtual Bus Driver dan Uninstall.
  • Jika sudah, Restart PC/Laptopmu.

Kalau Keyboard, Mouse, Harddisk, SSD, USB sudah bisa berjalan, lakukan uninstall ScpToolkit dan lakukan penginstalan lagi tetapi sesuai dengan tutorial dibawah ini supaya tidak terjadi error lagi.

Video Youtubenya


Baca gan: Cara Instal ScpToolkit untuk Stik PS3 dan PS4 yang benar tanpa Error

Penutup
Saya kira tutorial yang saya berikan sudah sangat jelas, tutorial dibuat karena saya juga mengalami hal serupa ketika menginstal ScpToolkit. Sehingga artikel ini dibuat bukan hanya sekedar mencari informasi dari sumber lain, melainkan berdasarkan pengalamn pribadi guys.

Semoga artikel mengenai tutorial memperbaiki Keyboard Eksternal dan Mouse tidak berfungsi setelah instal program ScpToolkit dapat berguna, Terimakasih selamat bermain.

48 Komentar

  1. Thank you brother. Akhirnya mouse ku bisa lagi :''''D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mose keyboard terus mau masuk windos password . Gak bisa kaya mana ya bos

      Hapus
  2. Tolong bikin tutornya bro di youtube.

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum kah bisa gan? kalo agan bener" butuh tak buatin video

      Hapus
  3. Iya bro tolong buatin ya, aku bingung soalnya. Nanti aku bantu share ke teman grup

    BalasHapus
  4. Terimakasih banyak bro, dua ssd saya kembali terbaca, berkat ente bro.
    Sekali lagi Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iya gan sama-sama, berdampak sampe ssd juga ternyata

      Hapus
  5. gan makasih banget sangat sangat sangat berguna banget semoga blog nya makin maju gan thanks !!

    BalasHapus
  6. mantap work parah, yg blm bisa restart dulu coba pcnya:)

    BalasHapus
  7. Makasih gan tutorialnya.
    Udah dicoba dan bisa fungsi lagi, tapi kenapa ya kok port USB nya jadi gak berfungsi/gak bisa deteksi apa" ya? Cuman 1 port aja bekas mouse pas awal install. Port lain sih normal. Sempet sekali aku colokin controller PS3 nya dan terdeteksi, tapi pas cabut dan pasang lagi jadi balik gak fungsi. Kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Softwarenya SCPtoolkit itu emang agak bermasalah sbenernya, kalo ga bener bisa error kyk gitu. gw pake stick ps3 ori mesin normal" aja sih, pas awal" instal emang error karna ga tau caranya, makanya gw bikin tutor ini.

      Hapus
    2. Kalau trouble kyk gitu gimana cara balikinnya ya? Udah di reinstall driver USB nya tetep gak ngefek. Di BIOS bisa cek port apa aja yg nyambung dan cuman port USB itu aja yg gak ke detect. Install ulang windows mungkin cara akhir tapi malesin....

      Hapus
    3. wah ternyata masih ada notif di gmail nya.

      Oh btw makasih ya tutorialnya bang. Udah cukup jelas sih caranya, cuman ternyata ada masalah di hardware nya aja (kurang bener masukin port usb dari motherboard ke front panel, sampai pin nya bengkok). Untung bisa dibenerin sendiri pake pinset dll. Akhirnya normal lagi hehe

      Hapus
  8. saya memasang stik ps3 pada laptop saya dengan OS win10, karena frustasi susah akhirnya saya uninstall SCPToolkit, lalu ketika saya sadar fitur bluetooth saya benar2 tidak terdeteksi dicari di device manager gaada dan saya sudah coba tutorial yang ada masih gabisa dan tidak terdetek sama sekali, minta sarannya suhu ini gimana mengatasinya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau emang mau pasang SCPToolkit tanpa Dongle ya harus ngorbanin Bluetooth. Nah supaya bluetoothnya muncul lagi instal Driver Bluetooth sesuai merek laptopmu gan.

      Hapus
    2. izin nimbrung gan, jadi kalo pake dongle brati aman ya? brati ga harus ngorbanin driver bluetooth nya?

      Hapus
  9. Gan.. Setelah ketik di Win+R itu, gimana bisa memilih kalo mouse nya gak bisa gan? Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya lupa ane tambahin, setelah Win+R silahkan Klik "TAB" baru diarahin, intinya pake tab kalo pengoprasian tanpa mouse

      Hapus
  10. Mantap, thank you banget buat tutorialnya, masalah bluetooth dan mouse yang hilang sudah kembali lagi seperti sedia kala

    BalasHapus
  11. Kalau keyboard mouse mati stlh install, gmn cara jalanin tutorial2 itu gan?

    BalasHapus
  12. Mas, saya masih gabisa nih, masih eror. Mau ngikutin cara yang di atas, tapi keyboard sama mouse nya kan gak jalan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai Mouse/Keyboard Eksternal lain gan, mungkin bisa pinjem temen atau kerabat.

      Hapus
  13. Cara supaya pasang stik ps3 yang bener tanpa error mouse gimana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pernah buat tutorialnya tapi saya hapus, banyak yang ga bener-bener baca full alhasil banyak yang error, akhirnya saya hapus artikelnya gan. Ya intinya jangan asal, harus baca tutorial dulu gan.

      Hapus
  14. Pak keyboard sama mouse sama sekali ga berfungsi buat ketik window+r jg ga bisa. Tp klo masuk bios bisa. Pengaturan dah saya enable semua mouse dan keyboard nya. Kira kira panya pak???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Drivernya usb tereplace scp driver, kalo asal centang hasilnya begitu. Coba pakai mouse atau keyboard lain, bisa pinjem temen dulu soalnya beberapa orang bisa saat ganti mouse atau keyboard.

      Hapus
  15. kalo scptoolkit nya dah di uninstal gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Btw makasih mas tutor nya. Pas saya instal lagi scp toolkitnya terus ikutin cara diatas dan berhasil.

      Hapus
  16. Bang kalau key Sama mouse gak fungsi harus pakai , key Sama mouse yang baru gtu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak harus beli baru bang, pinjem key & mouse temen atau kerabat dulu buat benerin pake tutorial ini, karna beberapa orang bisa kalau pake key & mouse lain, kalo udah bener key ama mouse abang bisa lagi

      Hapus
  17. cara agar spc toolkid nya ga eror gmna gan pas instal, biar blutut nya ga ilang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo pake SCP + tanpa Bluetooth Dongle pasti ilang bluetoothnya gan. Tapi kalo pake dongle bluetooth eksternal bisa ga ilang.

      Hapus
  18. Bro, cara biar bisa input perbaikan sesuai tips ente gimana ya bro? Kondisi USB driver ketimpa semua sama instalasi SCPtoolkit... Niatnya mau pairing stick PS3 ke bluetooth dongle trus gw centang semua USB driver nya, eh malah mouse sama keyboard sama USB hub eksternal nya ga kedeteksi

    BalasHapus
  19. Pakai cara diatas gan, kalo gak memungkinkan, coba pinjem mouse & keyboard temen/sodara buat benerin pakai tutorial diatas, soalnya kalo pakai device lain kemungkinan bisa.

    BalasHapus
  20. maaf kak saya sudah coba semua tutor diatas kok gak bisa" ya,sebelumnya saya mencoba menyambungkan gemepad ps3 pakai dongle bluetooth,nah waktu milih dongle bluetooth saya salah milihnya yang saya centang malah usb reciever punya mouse saya terus saya install,habis itu saya gak sempat uninstall drivernya karena saya keburu tutup scptoolkitnya, nah setelah itu saya baru sadar kalau mouse saya gak bisa bergerak sama sekali,dan sudah mencoba berbagai tutor di youtube tetap gk bisa.kalau kakak tau tolong bantuanya ya

    BalasHapus
  21. Ini aplikasi kampret emang , pas pake kabel mah normal² aja , karena pengen main dari jarak agak jauh saya memutuskan beli dongle , setelah install driver eh mouse nya GK berfungsi

    BalasHapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama