√ HI-RES: Cara Meningkatkan Kualitas Suara di Laptop Windows 10 jadi Hi-Res 2023

Berikut ini cara untuk Meningkatkan Kualitas Suara di Laptop menjadi lebih baik dan tinggi. Peningkatan akan difokuskan pada lini bas dan treble.

Layanan Streaming Musik saat ini sudah menjadi layanan hiburan paling populer. Namun kalian tidak akan mendapatkan pengelaman audio yang luar biasa tanpa dukungan perangkat Audio yang bagus pula. Lalu bagaimana kalau audio yang kita gunakan yaitu audio Laptop dengan OS Windows 10? apakah bisa menghasilkan suara yang bagus? bisakah ditingkatkan kualitas suaranya? Baiklah, ternyata ada beberapa pilihan yang bisa kalian lakukan secara praktis.


Tanya-tanya seputar TIDAL WA Admin ekorkode085800572012

Bagaimana caranya meningkatkan kualitas suara di Laptop Windows 10?

$ads={2}

Windows 10 menjadi OS paling diminati semua orang diseluruh dunia untuk sekarang. Semua fitur dan kemudahannya dapat kita temukan didalamnya. Termasuk soal Audio. Windows 10 memberikan kita akses ke beberapa pilihan yang bisa digunakan untuk Meningkatkan Kualitas Suara di Laptop menjadi lebih baik.

Meningkatkan Audio Sistem Windows 10


Pengaturan audio dasar yang dapat diatur dengan mudah diatur ialah Loudness Equalisation. Kalau kalian mengaktifkan pengaturan ini tingkat suara bisa meningkat sampai 150 persen. Walau begitu peningkatan suara melebihi 100 persen saya pikir tidaklah efektif. Yang sepeti itu bergantung pada kualitas hardware juga, apakah memang mendukung.


Bagaimana cara melakukannya? Simak dibawah ini:

  1. Klik kanan pada logo Speaker di bagian Taskbar, pilih Sound.
  2. Dobel klik pada icon Speaker aktif.
  3. Masuk menu Enhancements.
  4. Centang Loudness Equalization dan Apply.

Setiap laptop kadang memiliki fitur tersendiri di pengaturan Sound nya, faktanya setiap Laptop memiliki hardware dan driver yang berbeda-beda walau 1 jenis merek.

Acer TrueHarmony - karena saya menggunakan laptop merek Acer didalamnya ditanamkan fitur yang bernama Acer TrueHarmony yang menawarkan kualitas suara yang lebih nyata saat digunakan. Fitur ini sudah terpampang jelas di sticker laptop bersamaan spesifikasinya.
 
Virtual Surround - Kalau kalian menggunakan Headset, Headphone atau Speaker Stereo alangkah baiknya diaktifkan fitur ini, karena efeknya akan terlihat jelas. Bagi seorang gamer fitur ini sangat berguna karena Windows 10 akan meningkatkan suara menjadi surround, sehingga sound stage terasa luas saat bermain game.
 
Bass Boost - Bass berada pada frekuensi rendah, hingga harusnya efek suara yang dihasilkan Laptop terdengar dengan jelas perbedaannya setelah kita lakukan peningkatan. Kalian bisa mengatur ini sesuai dengan keinginan, seberapa tingkat bass yang bagus menurut telinga kalian.

Atur output Audio menjadi 24-bit

Laptop sekarang rata-rata memang sudah mendukung audio hingga 24 bit48000 Hz (Studio Quality). Kita tahu audio 24 bit merupakan kualitas sumber audio setara dengan kualitas studio. Banyak sekali web/aplikasi yang sudah mendukung 24 bit diantaranya QobuzTidal, dll. Walau jika digunakan menggunakan Speaker bawaan laptop 24bit dan 16bit tidak terlalu berbeda. Tetapi saat kalian menggunakan headset yang baik akan tampak jelas bedanya.


Bagaimana cara melakukannya? Simak dibawah ini:

  1. Klik kanan pada logo Speaker di bagian Taskbar, pilih Sound.
  2. Dobel klik pada Speaker aktif.
  3. Masuk menu Advanced.
  4. Atur sehingga yang aktif ialah 24 bit, 48000 Hz (Studio Quality) dan Apply.

Sebelum kalian Apply, kalian bisa Test terlebih dahulu seperti apa suara 24 bit itu.

Aktifkan Dolby ATMOS for Headphones
Ini juga bisa menjadi pilihan lain selain melakukan 2 cara diatas guna meningkatkan kualitas audio laptop Windows 10. Fungsi dan Fitur ini tersedia laptop yang sudah update atau menggunakan Windows 10 Creator Update pada tahun 2018.


Fitur ini tidak memberikan syarat apapun soal jenis hardware speaker kita. Kenapa? karena ia bekerja dengan prosesor sinyal digital sehingga bisa memberikan akses untuk dapat meningkatkan kualitas output audio.

Bagaimana cara melakukannya? Simak dibawah ini:

  1. Klik kanan pada logo Speaker di bagian Taskbar, pilih Sound.
  2. Dobel klik pada Speaker aktif.
  3. Masuk menu Spatial sound
  4. Atur sehingga yang aktif ialah Windows Sonic for Headphones dan Apply.
 
Kita juga bisa menambahkan opsi fitur selain Windows Sonic, yaitu DTS :X tetapi fitur ini tersedia di Microsoft Store tapi ya begitulah, berbayar guys!. Kalo kalian pertama kali menggunakan DTS :X akan diberikan paket uji coba selama beberapa waktu sebelum membayar secara penuh.

Atur Equaliser pada Music Player yang Digunakan

Telinga kalian masih belum merasakan sensasi perbedaan suaranya? sebenarnya kualitas suara menurut saya sih penilaian yang subjektif. Tidak ada musik yang benar-benar sempurna, semuanya tergantung dari sumber audio dan Hardware yang berkualitas.
 
Sebagian dari kita ada yang menyukai Bass tinggi (Basshead), Vokal yang detail atau mungkin Treble yang ngecring. Saat sebuah lagu dengan basic bass yang tinggi diputar tentunya seorang basshead akan merasa puas dan bangga. Berbeda dengan pecinta vokal dan treble, pasti kurang menyukainya.
 
Setiap Music Player yang bagus pastinya memiliki Equalizer yang dapat diatur baik Kustom atau memakai profil tertentu. Sebagai contoh music player bawaan Windows 10 yaitu Groove Music. Groove music lumayan bagus, tapi pengguna wajib memiliki file musik mp3, flac, dll untuk memutarnya. ia mengandalkan file sumber offline bukan online streaming.

Groove Music saya rasa juga sudah cukup, bahkan ia support File musik Hi-fi / Hi-res dengan ekstensi Flac Lossless. Didalam groove terdapat pengaturan Equalizer sederhana yang dapat kita ubah secara kustom. Disamping itu ada profil bawaan supaya kualitas suara membuat telinga terasa nyaman.

Update Driver Sound Card

Pilihan terakhir jika tidak ada bedanya sama sekali ialah dengan menupdate driver Sound Card. Sebaiknya cek terlebih dahulu driver kalian apakah sudah up-to-date apa belum.


Yang sering diupdate biasanya driver Realtek Gigh Definition Audio, bisa dilakukan lewat Device Manager. Dengan menggunakan versi terbaru setidaknya kita bisa menikmati kualitas suara tanpa ada kesalahan akibat driver yang usang.
 
Untuk driver sendiri biasanya akan terus diperbarui sampai rentang beberapa tahun kedepan sejak laptop rilis. Kalian bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga sehingga jika ada update akan otomatis terunduh.


Penutup

Itulah semua informasi yang dapat saya berikan mengenai Meningkatkan Kualitas Suara di Laptop yang menggunakan OS Windows 10. Saya sudah berusaha sebaik mungkinmencari informasi dan mempraktekkannya untuk kebenaran artikel ini.
 
Saya kira tutorial dan trik yang saya berikan kali ini dapat berguna untuk meningkatkan kualitas audio sampai yang terbaik. Bagaimanapun juga kalian itu sebenarnya seorang gamer atau murni pecinta musik bukan?.
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama